Apa itu Root Android? Kelebihan dan Kekurangan Root Android

Apa itu Root Android? Kelebihan dan Kekurangan Root Android

Root Android | Apa kabar Sobat droiders? Para pengguna Android tentu tak asing lagi dengan kata “root”. Ya kata tersebut tentu kerap didengar ditelinga mereka. Namun ada beberapa orang tanpa sepengetahuan tentang makna sesungguhnya “root” langsung melakukan eksekusi terhadap smartphone kesayangannya, alhasil yang mereka dapat bukan keuntungan malah kerugian. Kali ini penulis akan mengulas tuntas tentang makna sesungguhnya root Android, dan apa saja kelebihan serta kelemahan root Android. Yuk disimak selengkapnya!

Apa itu root?

Root adalah suatu akun sistem yang memiliki kekuasaan mutlak guna mengakses dan mengeksekusi semua berkas, perintah, dan sistem dalam sistem operasi berbasis Linux (termasuk Android). Intinya, 'root' memiliki akses tanpa batas untuk mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada di dalam sistem Android.
Setelah ponsel kita di root, lantas hal apa sajakah yang bisa kita lakukan?

Banyak orang bertanya-tanya, apa sih fungsi root itu? Untuk apa?

Kali ini penulis akan memberi tahu hal apa saja yang dapat dilakkan oleh ponsel yang sudah di root. Hal yang bisa dilakukan oleh ponsel yang sudah di root antara lain :

  • Pengguna bisa secara bebas mengganti icon, font, warna status bar, jenis pemberitahuan, warna belakang layar, dll.
  • Pengguna bisa memodifikasi aplikasi seperti menghapus lisensi, menghapus iklan yang mengganggu, mengedit data game offline (gold, money), membuat aplikasinya menjadi pro, mengatur aplikasi apa saja yang bisa menggunakan paket data. 
  • Pengguna bisa mengganti rom bawaan pabrik dengan rom yang sudah disediakan oleh XDA Community.
  • Pengguna bisa meningkatkan kinerja ponsel mereka. 
  • Menambah memori internal, dan masih banyak lagi kelebihan lainnya.

Wah enak banget ya kalau gitu? Terus apa saja kekurangannya setelah ponsel di root?

Memang banyak sekali hal yang dapat kita lakukan setelah ponsel kita di root, namun kelemahannya pun juga terbilang harus diperhatikan. Mau tau apa saja kekurangan ponsel yang sudah di root? Yuk simak !

  • Setelah ponsel kita di root maka secara otomatis garansi kita hilang. Pihak pabrik tidak mau memberikan garansi atas kesalahan yang disebabkan oleh penggunanya. Namun ada beberapa cara agar kondisi smartphone kita bisa kembali lagi seperti semula yaitu dalam keadaan tidak rooting. Baca juga cara mudah unroot android.
  • Smartphone kita rentan terkena serangan malware. Pada kondisi unroot, google sudah menjamin keamanan Android, namun ketika user melakukan proses rooting disitulah celah firewall terbuka sehingga berbagai malware dengan mudah menginfeksi smartphone Anda. Tenang aja, meskipun begitu masih banyak Anti Virus yang bisa kita gunakan untuk menangkal malware jahat. Baca juga antivirus terbaik dan teraman untuk android.

Setelah membaca ulasan diatas, lantas apa tindakan Anda selanjutnya? Masih mau melakukan proses rooting Android, atau sudah merasa cukup dengan kondisi ponsel saat Ini? Be a Smart User! Demikian postingan penulis tentang Kelebihan dan Kekurangan Root Android.
Salam Droiders!!

0 Response to "Apa itu Root Android? Kelebihan dan Kekurangan Root Android"

Posting Komentar